Jumat, 01 Januari 2010

Tak lulus UN, bisa mengulang Rekor Muri paduan

. Jumat, 01 Januari 2010

Bandan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) menyiapkan kesempatan bagi siswa yang tak lulus Ujian Nasional (UN) utama, dengan mengadakan UN ulangan. Bobot sosal UN ulangan tersebut dipastikan sama dengan soal UN utama. Pemerintah juga memberikan solusi lain bagi siswa yang tak lulus dalam ke 2 UN tersebut.

Anggota BSNP Prof. Mungin Eddy Wibowo mengatakan kisi-kisi yang dibuat oleh BSNP digunakan untuk membuat soal UN utama, UN susulan ataupun UN ulangan. Sehingga dipastikan tak ada perbebdaan bobot dalam soal-soal yang digunakan dalam tiga macam UN tersebut.

Mungin juga mengatakan bahwa jika siswa peserta ujian ulangan, dinyatakan tidak lulus, pemerintah masih memberikan alternatif solusi lulus seperti halnya yang ditawarkan tahun lalu. Beberapa solusi tersebut yaitu mengikuti ujian nasional tahun berikutnya atau mendaftar ujian kesetaraan.

"Ijasah kesetaraan mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan sekolah formal. Tetapi, jika ingin lulus dengan ijazah SMA/SMK ya, ikut ujian tahun berikutnya," tuturnya.

Terpisah, psikolog Undip Hastaning Sakti berpendapat, solusi yang ditawarkan pemerintah bagi siswa yang tidak lulus UN masih menyisakan dampak psikologis. Ia mengatakan bahwa siswa tak dapat lulus saja sudah merupakan beban, apalagi kalau mengikuti ujian kesetaraan yang dalam ijazahnya mencantumkan tulisan lulus UN kesetaraan.

Kesetaraan
Ia menceritakan, salah satu putranya yang dinyatakan tidak lulus, dan memilih ujian kesetaraan untuk menyelesaikan sekolah menengahnya. "Anak saya sekarang melanjutkan di PTN, IPK selalu di atas 3. Tetapi, status lulus dari ujian kesetaraan selalu jadi bebannya seumur hidup. Kerugian psikologis ini yang tidak bisa digantikan materi berapa pun," akunya.

Polemik tentang UN yang kerap diperbincangkan setiap menjelang pelaksanaan UN, dianggapnya semakin membebani siswa. Siswa merasa dibingungkan dengan permasalahan UN. Hal itu dianggap semakin menambah beban siswa. Menurutnya saat mendekati UN, siswa hanya fokus dengan pelaksanaan UN bukan dibingungkan dengan tarik ulur masalah UN.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
yanportal.blogspot.com