Rabu, 06 Januari 2010

Sirup Asam Segar Pengobat Radang

. Rabu, 06 Januari 2010

Sedang merasa kurang enak dengan tenggorkoan? Coba deh minuman yang satu ini. Selain rasanya yang segar, juga bisa meredakan sakit tenggorokan. Sebagai penghilang dahaga, bisa juga disajikan dingin. Sluurrp!

Rasanya memang asam, tapi kalau sudah dibuat minuman dingin rasanya sungguh menyegarkan! Ya, sirup asam Jawa. Kalau masih berbentuk buah asam tak pernah terpikir kalau ternyata bisa menjadi minuman yang enak dan menyehatkan. Dulu, asam Jawa biasanya diseduh dengan air panas plus gula merah sebagi obat pereda batuk yang cukup ampuh.


Tapi kalau sekarang sudah jarang orang yang mau membuatnya sendiri di rumah. Beberapa waktu lalu saya menemukan asam yang sudah diubah menjadi sirup siap pakai. Tak hanya asam saja, bahkan jahe merah pun ada. Asam Jawa ini sudah bercampur dengan madu murni sebagai pemanisnya. Cara menyajikannya cukup mudah, tinggal menambahkan air dingin ataupun air panas sesuai selera.

Minuman yang sepintas terlihat spele ini ternyata memiliki banyak khasiat loh! Sebut saja sebagai pereda panas dalam, mengobati radang tenggorokan, menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan, mengurangi kadar nikotin bagi perokok, dan yang paling diminati para wanita adalah melunturkan lemak perut. Hmm.. secara tak langsung bisa menurunkan berat badan juga loh!

Selain sirup asam Jawa, ada juga sirup jahe merah yang tak kalah manfaatnya dengan sirup asam. Melancarkan peredaran darah, mengobati asam urat, rematik, menambah stamina, dan menghilangkan nyeri pada persendian adalah beberapa khasiat yang dimiliki sirup jahe merah.

Untuk dapat merasakan khasiatnya sebaiknya menyajikannya dengan menggunakan air hangat. Tapi kalau ingin yang lebih segar apalagi di cuaca yang cukup panas, sirup asam ataupun sirup jahe merah disajikan dingin pasti akan jadi penghilang dahaga yang diminati!

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
yanportal.blogspot.com