Jumat, 01 Januari 2010

Pemerintah akan jadikan Aceh pusat pendidikan

. Jumat, 01 Januari 2010

Wakil Presiden Boediono menyatakan pemerintah akan menjadikan Aceh sebagai pusat pendidikan.

"Saya ingin menjadikan Aceh sebagai pusat pendidikan," kata Boediono di Ulee Lheue, Banda Aceh, hari ini dalam acara Peringatan Lima Tahun Tsunami.

Dia menambahkan pusat pendidikan merupakan sebuah status yang pernah disandang Aceh pada masa kejayaannya jauh sebelum terjadi konflik dan terpaan bencana tsunami.

Wapres percaya dengan modal semangat, tekad, dan komitmen yang kuat maka rencana menjadikan Aceh sebagai pusat pendidikan akan segera terwujud. "Satu bukti sejarah yang menunjukkan, sangat jarang suatu bangsa yang bisa tumbuh secara berkelanjutan hanya dengan modal sumber daya alam, hanya dengan ilmu pengetahuanlah kita akan bertahan," katanya.

Menurut dia, pembangunan sektor perekonomian di Aceh harus berkeadilan dan harus menjadi buah nyata perdamaian yang telah dicapai. Apalagi pada masa lalu Aceh jauh sebelum konflik, memiliki ciri pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata dibandingkan provinsi lain dengan tingkat kemiskinan jauh di atas rata-rata.

"Konflik telah membalik semua itu, perekonomian Aceh tumbuh lamban bahkan negatif," katanya.

Namun, dia menekankan Aceh kaya dengan sumber daya alam dan infrastruktur yang lebih baik pasca-tsunami memungkinkan Aceh memiliki kesempatan untuk mengembalikan prestasi yang pernah diraihnya.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
yanportal.blogspot.com